DUA SISI MANUSIA - infoblogmu.com
Headlines News :
Home » » DUA SISI MANUSIA

DUA SISI MANUSIA

Written By radjie ahmad on Rabu, 23 November 2011 | 12.59

Sisi lahiryah dan sisi batiniyah, sisi lahiriyah yaitu bentuk yang telah diciptakan Allah SWT dan sisi batiniyah yaitu yang disebut budi pekerti,,dan sisi batiniyahlah yang akan kita bicarakan,
Budi pekerti ialah sisi batin yang mana seseorang insan diciptakan di atas tabiat itu. Kadangkala budi pekerti ini berasal dari tabiat dan bisa juga disuahakan melalui latihan.
Nabi SAW pernah berkata kepada Asyajj Abdul Qeis : " Sesungguhnya Allah menciptakan pada dirimu dua sifat yang Allah sukai, yaitu kesbaran dan ketenangan "
ia berkata : " Wahai Rasulullah apakah keduanya itu adalah tabiat yang mana aku diciptakan di atasnya, ataukah sesuatu yang telah Allah anugerahkan kepadaku?"
Nabi SAW bersabda : " bahkan sesuatu yang telah Allah anugerahkan kepadamu" (H.R Muslim : 18)
Ini menunujukkan bahwa budi pekerti bisa berasal dari tabiat atau bisa berasal dari latihan. Akan tetapi yang berasal dari tabiat pasti akan lebih baik daripada yang berasal dari latihan. Karena budi pekerti yang sudah menjadi tabiat jika telah melekat pada jiwa seseorang dan sudah menjadi kebiasaannya tidak begitu sulit untuk memunculkannya dan tidak perlu dibuat-buat.

Sebagian orang ada yang tidak mendapat budi pekerti ini yang berasal dari tabiatnya, dan bukan berartii dia tidak akan mendapatkannya sama sekali bahkan mungkin saja ia bisa memperolehnya melalui usahanya yaitu dengan terus melatih diri.

Sesungguhnya jika kita berbicara tentang budi pekerti, kita memandangnya sebagai salah satu ajaran dari agama sebagaimana sabda Nabi SAW " sesungguhnya aku diutus adalah untuk menyempurnakan akhlak yang mulia". Tidak ada timbangan seorang hamba  mukmin  yang paling berat pada hari kiamat selain akhlak yang mulia.  Lagi-lagi saya mengajak diri saya sendiri dan para pembaca marilah kita sama-sama meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan cara membiasakan untuk berbudi pekerti yang mulia.

Marilah kita melatih diri,,,!
Share this article :

0 komentar:

Review Games

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. infoblogmu.com - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template