TAWADHU' - infoblogmu.com
Headlines News :
Home » » TAWADHU'

TAWADHU'

Written By radjie ahmad on Kamis, 24 November 2011 | 10.21

Tawadhu' adalah akhlak yang dengannya ia mendapatkan keridhoan dan kecintaan dari orang-orang yang mulia, Oleh karena itu orang yang mempunyai sifat tawadhu' akan mengenali Allah dan dirinya sendiri karena ia hanya menebar penghormatan dan kelembutan kepada yang berhak menerimanya.

Kholifah Abu Bakar shiddik RA, pernah berkata " Janganlah seorang muslim merendahkan muslim lainnya, karena sekecil-kecilnya seorang muslim disisi Allah adalah besar." Ibnu Haaj juga pernah berkata " barang siapa  ingin derajat yang tinggi hendaklah ia bertawadhu' karena Allah, karena kemuliaan tidak akan didapat kecuali dengan merendah".

Jiwa manusia telah diciptakan untuk membenci setiaporang yang melecehkannya, menghinanya dan merendahkannya. Sebagaimana telah diciptakan untuk menjauhi orang yang takabbur dan meninggikan diri atasnya. Hingga walaupun yang dikatakan orang itu benar, namun hati manusia akan terkunci untuk mendengar kata-katanya. Dada manusia tertutup untuk menerima bimbingan dan nasihatnya. Dan barangkali mereka benci dan berat untuk menerima ilmu dan kebenaran yang disampaikannya. Oleh karena itu sifat tawadhu' atau rendah hati ini sangat penting untuk kita terutama untuk para pendakwah jika ingin nasihatnya didengarkan dan diamalkan.

Saya selalu mengingatkan kepada diri saya sendiri dan para pembaca marilah kita sama-sama meningkat ketakwaan kita salah satunya dengan bersifat tawadhu'. Jadilah seperti padi, semakin berisi semakin merunduk, semakin kita berilmu semakin merendah.


BACA JUGA

4. Qonaah

Share this article :

0 komentar:

Review Games

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. infoblogmu.com - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template