QONAAH - infoblogmu.com
Headlines News :
Home » » QONAAH

QONAAH

Written By radjie ahmad on Senin, 21 November 2011 | 09.29

" Ya Allah jadikanlah aku orang yang selalu qonaaah ",,, aminnn

Ridho menerima apapun yang Allah berikan walaupun hanya sedikit dan memutus harapan terhadap apa yang ada ditangan makhluk dengan selalu bertawakkal kepada Allah AWT adalah salah satu pengretian dari qonaah. Sungguh beruntung orang yang mempunyai sifat qonaah karena dia akan selalu merasa cukup dengan kebutuhan hidupnya.
Kaya itu bukanlah dengan banyaknya harta/ materi, tetapi kaya itu adalah dengan selalu merasa cukup kepada apa-apa yang diberikan oleh Allah SWT. Imam Syafi'i pernah berkata " kekayaan yang hakiki adalah dengan selalu merasa cukup bukannya selalu merasa tidak cukup " 

Rasulullah SAW bersabda " Lihatlah orang yang keadannya di bawahmu,dan janganlah kamu melihat orang yang keadaannya di atasmu, karena yang demikian itu lebih patut bagimu, sehingga kamu tidak menganggap kecil nikmat yang diberikan Allah atasmu. ( H.R Bukhari Muslim ). Dan firman Allah SWT " Dan jangnlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka sebagai bunga kehidupan di dunia ini untuk kami uji mereka dengannya, karena Tuhanmu adalah lebih baik dan kekal.( Q.S Thaha : 131 )
Dari kedua dalil diatas kita bisa menyimpulkan bahwa kita diperintahkan untuk berusaha agar tidak mengeluh dengan apa yang telah Allah berikan dan supaya kita selalu bersyukur dan bersifat qonaah. Betapa indahnya orang yang selalu bersyukur dan mempunyai sifat qonaah karena dia bisa merasakan ketenangan hati dan merasakan kecukupan dari ketergantungan kepada makhluk.

Ali nin Abi Tholib r.a pernah berkata " pembunuh yang ambisius adalah ambisinya sendiri ". Bukti bahwa hartamu bukanlah mulikmu adalah pengetahuanmu bahwa harta itu sebelumnya milik orang lain ( Al Hakim ), siapa yang tujuan hidupnya hanya untuk memenuhi kebutuhan perutnya saja maka nilainya tidak lebih dari apa yang dikeluarkan dari perutnya ( Imam Syafi'i )

Mungkin di zaman sekarang ini untuk menerapka sifat qonaah itu agak sulit termasuk diri saya sendiri, karena kebutuhan kita semakin hari semakin bertambah. Tetapi jika kita mau berusaha menerapkan sifat qonaah pasti kitapun bisa dan dengan tulisan ini saya berharap saya bisa memotivasi diri saya sendiri dan juga meotivasi para pembaca agar bisa menerapkan sifat qonaah.
Mudah-mudahan kita bisa menerapkjan sifat qonaah,, amiin.. 
Share this article :

0 komentar:

Review Games

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. infoblogmu.com - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template